Story

Pengganti Sedotan Plastik ala Ponyo

pengganti sedotan plastik ala ponyo

Dalam post kali ini, kami ingin share tentang pengganti sedotan plastik ala Ponyo.ย Kita tidak perlu bahas tujuan dan visi ya. Kami yakin, Akang Teteh semua sudah faham kenapa kita harus mengurangi sampah plastik, setidaknya sedotan plastik khususnya.

Masuklah kami pada tahap riset, googling sana sini untuk cari referensi. Banyak pertimbangan untuk kami ketika memilih alternatif pengganti sedotan plastik.

Sedotan Bambu

Perimbangannya adalah material bambu yang satu tema dengan Ponyo. Dan kelebihannya bisa digrafir. Bahkan sudah kami buat prototype nya. Lalu diujicobakan kepada para tamu customer.

sedotan bambu

pengganti sedotan plastik ala ponyo

Awalnya berharap para tamu akan membawa pulang setelah meminumnya. Namun ternyata sangat sedikit yang mau berepot-repot untuk mencucinya lalu dimasukan ke dalam tas/saku. Tambah lagi karena pertimbangan harga yang lumayan kalo hanya sekali pakai, akhirnya sedotan bambu ini hanya dipakai untuk souvenir / merchandise.

Kekurangan dari sedotan bambu adalah pemeliharaannya. Karena bahannya berserat/berpori sehingga dimungkinkan untuk menyangkutkan kotoran. Lama-lama kalau jarang dibersihkan bisa saja jadi jamuran.

Jika Akang Teteh tertarik untuk memilikinya, silakan minta ke waiters kami, akan kami berikan secara gratis tentunya. Dan jika persediaan masih ada.

Sedotan Stainless

Pilihan lainnya sebagai pengganti sedotan plastik adalah sedotan stainless. Yang mana jenis ini adalah yang belum pernah kami pakai juga. Kenapa? karena kemahalan ๐Ÿ™‚

Jauh lebih mahal dari sedotan bambu pastinya.

Sedotan ini lebih cocok untuk dipakai rumahan. Lalu kalau dipakai untuk komersil gimana? Kalo kami sih merasa riskan. Lagi-lagi terkait dengan pemeliharaan.

Jika jumlah order terhadap menu minuman sedang tinggi-tingginya, belum tentu kami bisa memutar pakai (mencuci, menyikat, mengeringkan) dalam waktu yang cepat. Artinya ada beban pekerjaan tambahan. Dan dikhawatirkan juga akan mengecewakan tamu jika masih ada sisa minuman yang menempel di dalam sedotan stainless.

Sedotan Kertas

Sedotan berbahan kertas adalah salah satu yang kami pakai juga sampai saat ini. Walaupun lebih mahal dari sedotan plastik. Setidaknya sampah kertas lebih mudah terurai daripada sampah plastik.

Sedotan kertas kami pakai sebagai cadangan bila sedotan utama kehabisan persediaan.

Kekurangan dari sedotan kertas, buat beberapa orang, karena mudah lepek terkena air, jadi pengalaman minumya kurang memuaskan.

Sedotan Sereh

Nah, setelah menimbang-nimbang dari opsi di atas, pilihan kami jatuh pada batang sereh atau batang serai. Batang sereh materialnya cukup solid, mudah didapat, dipakai juga sehari-hari untuk bumbu, dan yang paling penting adalah, karena bahan alami sehingga bisa langsung terurai.

sedotan dicuci hingga bersih

pengganti sedotan plastik ala ponyo

sedotan sereh dipilah dan disuwir

sedotan sereh bersama juice cenghar

Pada awalnya memang cukup merepotkan karena menambah beban kerja. Yang biasanya tinggal ambil dibungkusan plastik, sekarang jadi harus memilah-milah batang serai yg masih utuh, dibersihkan, lalu diambil bagian luarnya. Lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk prepare stok.

Tapi kami yakin, kerepotan ini pasti membawa dampak, mudah-mudahan banyak restoran lain yang mengikuti.

Sedikit Tips ketika minuman disedot, silakan dicoba gigit batang serehnya untuk paduan rasa yg berbeda. Sangat cocok ketika dipadukan dengan Juice Cenghar, seperti foto di atas.

_____________________________________

Ponyo adalah bahasa sunda, diucapkan untuk mengekspresikan kenikmatan yang hakiki. Diabadikan menjadi nama Restoran Khas Sunda, Jasa Catering, dan Wedding Venue sejak 1972.

Miboga Rasa Nu Jadi Caritaย 
(Memiliki Rasa yang Menjadi Cerita)

 

Komentar